Penyakit Endemik di Indonesia

Kesehatan – Pentingnya Kesehatan Tubuh bagi Kita

Penyakit Endemik di Indonesia


Penyakit endemik ialah bukanlah nama sesuatu penyakit tetapi arti yang dipakai untuk tunjukkan pada cakupan luas suatu penyakit atau dikenal arti ‘wabah’. Kata ‘endemik’ sendiri mempunyai asal bhs Yunani yakni ‘-en’ bermakna di dalam dan ‘demos’ bermakna rakyat. Jadi, suatu wabah penyakit dikatakan Selayak penyakit endemik jika penyakit tersebut ditemukan di wilayah spesifik. Setiap orang menularkan penyakitnya pada tepat satu orang lain lagi yakni rata-rata. Namun jika penderitanya tidak bertambah tetapi penyakitnya belum lenyap, wabah penyakit tersebut dikatakan Selayak situasi tunak endemik. Penyakit yang awalannya ialah suatu epidemi bisa lenyap dan menggapai situasi yang dimaksud tunak endemik.


Jadi, bisa dikatakan penyakit endemik ialah suatu situasi penyakit yang berjangkit prevalensi di mana penyakit tersebut berlangsung sepanjang tahun namun gelombang yang rendah dan tanpa pengaruh luar.


Beberapa contoh penyakit yang terhitung dalam kategori endemik di antaranya :


1. Penyakit Endemik AIDS
AIDS ialah penyakit endemik paling besar didunia. Penyakit ini disebabkan virus HIV yang menyebabkan penderitanya kehilangan kekebalan tubuh kepada penyakit. Penyakit AIDS ialah penyakit endemik yang bersifat represif dan banyak berlangsung di wilayah Afrika. Namun, sekarang memang penyakit AIDS menjadi pandemi dunia gara-gara sudah menggapai seluruh dunia.


2. Penyakit endemik Kolera
Penyakit kolera ialah penyakit di bagian gelombang pencernaan yang disebabkan bakteri yang dimaksud Vibrio Cholera. Bakteri ini mengakibatkan sel manusia melakukan pengambilan air dan elektrolit tubuh manusia dan ditularkan air yang telah terkontaminasi atau juga makanan. Penyakit ini menyebabkan seseorang alami diare tanpa rasa sakit. Dulunya pernyakit kolera menjadi endemik di wilayah anak benua India, namun selanjutnya menjangkit keluar India.


3. Penyakit endemik Malaria
Malaria ialah penyakit yang disebabkan parasit Plasmodium yang dibawa gigitan nyamuk yang telah terkontaminasi. Parasit ini berkembang dalam hati manusia dan mengkontaminasi sel darah merah manusia. Gejalanya ditandai layaknya influenza. Penyakit malaria menjadi penyakit endemik di wilayah Afrika dan Papua Nugini.


4. Penyakit endemik Kaki Gajah
Penyakit kaki gajah atau dimaksud juga Selayak Filariasis ialah penyakit yang ditularkan Binatang ke manusia atau dikenal Selayak penyakit zoonosis. Penyakit kaki gajah berlangsung gara-gara parasit cacing filaria yang menyebabkan tungkai bawah kaki membesar dan kantung zakar juga membesar. Penyakit endemik ini berlangsung di wilayah tropis layaknya Asia, Amerika Tengah dan Selatan serta Afrika. Penyakiit endemik di Indonesia sendiri layaknya penyakit kaki gajah yang pernah mewabah di wilayah Sulawesi Selatan ialah di Kabupaten Pangkep, tepatnya pada dua pulau ialah Pulau Doang-Doangan dan Pulau Bangko-Bangkoan. gara-gara itu dikerjakan Penyembuhan dengan cara diberi obat massal untuk menghambat berlangsungnya kaki gajah Walau sudah terjangkit parasit ini.


5. Penyakit endemik Cacar
Cacar ialah penyakit kulit yang disebabkan virus Varicella zoster yang menular langsung jika seseorang melakukan kontak penderita dan menyentuh barang-barang yang dipakai penderita. Penyakit cacar sendiri ada dalam beragam type berbasickan virus yang menginfeksi dan gejala yang timbul.


bukan sekedar penyakit-penyakit yang telah dimaksudkan diatas, ada banyak penyakit yang lain yang mungkin bahkan asing di telinga menjadi endemik di suatu wilayah. disamping itu, tidak menutup kebolehjadian memang berlangsung wabah penyakit baru. gara-gara itu, tidak jarang kita mendengar beragam nama penyakit baru di abad 20 ini. Tidak jarang penyakit tersebut bahkan menjadi epidemi global!


nah itulah kawan Penyakit Endemik di Indonesia yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat

Prediksi Bola
Judul: Penyakit Endemik di Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Admin mengucapkan terimakasih atas kunjungan Sobat,Minta Crotnya dong..eheheh

0 comments :

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Spesifik News didukung oleh aejos.com
Premium Blogger Themes by Prediksi Akurat